Rabu, 17 Juni 2015

MEMBUNUH INDONESIA


Judul
Membunuh Indonesia, Konspirasi Global Penghancuran Kretek
Penulis
Abisham, dkk
Penerbit
Katakata
Tahun terbit
2012
Harga
Rp. 38.000

Ribuan fatwa medis yang memberikan justifikasi buruk terhadap rokok memang tidak dapat dipungkiri kebenarannya. Seberapabanyakpun mereka yang "ngeyel" terhadap fatwa ini, kenyataanya rokok memang mengandung banyak zat yang tidak baik untuk tubuh. Fatwa medis ini kemudian didukung oleh fatwa agama oleh beberapa lembaga keagaaman yang ikut memberikan label "haram" pada rokok.
Buku ini tidak menyalahkan fatwa-fatwa medis dan fatwa agama yang diberikan pada rokok. Sepintas buku ini seolah membela mati-matian eksistensi rokok, namun kalau kita amati lebih mendalam sebenarnya buku ini mencoba mengajak para pembacanya untuk berfikir kritis, untuk membaca apa yang ada di balik teks "haram rokok" (baik haram dari segi agama maupun medis). Dimulai dari pembahasan sejarah rokok, perbedaan rokok dan kretek, perkembangan industri tembakau hingga konspirasi-konspirasi dagang yang berupaya menghancurkan industri rokok nasional melalui lembaga-lembaga kesehatan internasional seperti WHO, perjanjian internasional seperti FCTC dan sebagainya.
Buku ini penting dibaca oleh mereka yang merokok agar semakin "khusyuk" dalam merokok, sedang sangat penting dibaca oleh mereka yang tidak merokok agar lebih bijak dalam memberikan stigma negatif pada rokok dan perokok. Pada akhirnya, perokok harus menghormati yang tidak merokok dan yang tidak merokok juga harus mempunyai perlakuan yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar